logo lalettuce web
Diet sehat

www.lalettuce.com

Diet KETO , baik tidak

Diet ketogenik atau yang lebih dikenal dengan diet KETO adalah pola makan yang membatasi asupan karbohidrat. … Diet KETO juga mampu menurunkan kadar gula di dalam darah. Bagi mereka yang menjalankan pola makan ini, pengganti karbohidrat adalah makanan yang tinggi protein dan lemak.

Tujuan konsumsi lemak dalam jumlah yang tinggi pada diet keto adalah agar tubuh mencapai kondisi ketosis.

Dalam kondisi tersebut, tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi utama. Lemak juga akan diubah menjadi keton pada hati, sehingga memberi suplai energi untuk otak.

Ketosis sebenarnya merupakan kondisi ringan dari ketoasidosis, sebuah kondisi berbahaya yang banyak terjadi pada penderita diabetes tipe 1. Meski masih banyak pro-kontra terhadap diet ini, beberapa studi menunjukkan diet keto tergolong aman dan juga efektif untuk dilakukan, terutama oleh penderita kelebihan berat badan atau obesitas, selama hanya dilakukan untuk batas waktu tertentu dan di bawah pantauan dokter.

Cara Menjalani Diet Keto yang Tepat ,

Anda yang tertarik melakukan diet keto, harus rela untuk mengurangi konsumsi karbohidrat setiap hari dalam jumlah yang cukup besar. Diet keto standar (standard ketogenic diet) yaitu dengan pola makan berupa :

75 % lemak

20% konsumsi protein

5% konsumsi karbohidrat.

Sementara diet keto tinggi protein (high-protein ketogenic diet) memiliki porsi konsumsi protein lebih banyak. Pola makan yang diterapkan adalah

60% lemak

5% karbohidrat

35% protein.

Selain itu, ada pula diet keto jenis lain yang lebih umum dilakukan oleh atlet atau binaragawan yaitu cyclical ketogenic diet (CKD) dan targeted ketogenic diet.Jadi, makanan apa saja yang dihindari atau disarankan dalam diet keto? Makanan kaya lemak yang dianjurkan dalam diet keto yaitu:

Telur, terutama yang mengandung omega 3.

Daging, ayam, kalkun, sosis, steak dan produk daging lain.Ikan tuna, salmon, makarel.

Krim, mentega dan keju.

Sayur hijau, tomat, bawang, cabai dan sayur lain yang rendah karbohidrat.

Kacang dan biji-bijian, seperti almond, wijen, chia dan biji labu.

Alpukat, baik dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk masakan.

Minyak zaitun, minyak alpukat atau minyak kelapa.Garam, merica dan berbagai rempah alami.


Sementara itu, jenis karbohidrat yang dihindari termasuk:Nasi, pasta, sereal dan produk gandum.Kacang dan biji- bijian.Umbi-umbian, seperti ubi, kentang, wortel.Makanan atau minuman manis, seperti permen, es krim, cake, jus buah dan soda.Lemak tidak sehat dari minyak sayur atau mayonaise.Minuman mengandung alkohol.

Diet keto dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka pendek (mulai dari 2-3 minggu, hingga batas maksimal 6-12 bulan) sebatas untuk mengurangi lemak tubuh dan memperbaiki kesehatan, untuk selanjutnya diikuti dengan pola hidup sehat. Hal tersebut adalah demi menghindari risiko gangguan kesehatan yang mungkin terjadi jika diet keto dilakukan dalam jangka panjang.

Bercocok Tanam hidroponik

perkebunan sayur 

Suoolier Telur

telur kampung organik

produk HALAL MUI

1
Hai,
Ada yang bisa La Lettuce bantu?
Powered by